Peranan Pembelajaran Fisika Berbasis Experiential Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik

  • Musdalifah Amir
Keywords: Pembelajaran Fisika, Pembelajaran Berbasis Experiental, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan dari pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis experiential meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, dan bahan ajar pada materi Fluida Statis yang telah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini bersifat eksperimen semu dengan disain penelitian The Randomized Posttest-Only Control Group Design Fraenkel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik rambang sederhana. Data yang diperoleh melalui tes hasil belajar fisika dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial Sudjana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar fisika peserta didik pada kelas eksperimen berada pada kategori baik dan kelas kontrol berada  pada kategori cukup. Hasil analisis inferensial diperoleh melalui uji prsayarat dan uji hipotesis. Uji prasayarat menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan bersifat homogen. Uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung>ttabel  maka Ho ditolak dan Ha teruji. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis experiential dan pembelajaran konvensional.

Published
2019-09-13
Section
Articles