Integritas Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tematik Pada Min 2 Tana Toraja

  • Nurbaity
Keywords: Integritas, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik

Abstract

Pendidikan pada dasarnya merupakan pengembangan yang mengacu pada hakikat manusia yang terkandung dalam hakikat, martabat, manusia dengan intisari iman dan taqwa, inisiatif, industrius, individu, interaksi. Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya dan adat istiadat. Pendidikan karakter adalah sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada manusia yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai baik terhadap Tuhan, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan. Pembelajaran tematik sesuai dengan tahapan perkembangan anak yang masih melihat segala sesuatu sebagai sesuatu yang holistik, dengan pembelajaran terpadu melalui pendekatan pembelajaran tematik. Pendekatan pembelajaran tematik memuat lima kata kunci yaitu menyeluruh, pembelajaran sesuai dengan kenyataan, belajar bermakna, memberikan kesempatan kepada siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, dan efektif dalam penggunaan waktu. Pembelajaran tematik memiliki karakteristik tertentu, berpusat pada siswa memberikan pengalaman langsung, bersifat fleksibel.

Kata Kunci: Integritas, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik

Published
2019-09-13
Section
Articles