Implementasi Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Parepare
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; mendeskripsikan Implementasi Kurikulum berbasis KKNI di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Parepare, mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung Implementasi Kurikulum berbasis KKNI di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Parepare,), serta mendeskripsikan hasil Implementasi Kurikulum berbasis KKNI di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Parepare. Populasi penelitian ini adalah semua dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Parepare. Sampel dosen dipilih dengan proses purposive sampling untuk menemukan informan kunci. Sampel mahasiswa dilakukan secara proporsional, masing-masing 4 persen mahasiswa di setiap tingkat atau semester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kurikulum berbasis KKNI di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Parepare, adalah cukup baik. Dari tiga indikator yang digunakan, proses implementasi kurikulum berbasis KKNI ini berjalan dengan baik, program mata kuliah mahasiswa lebih tearah, kemampuan soft skil mahasiswa meningkat.