PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIADI KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 1 PAREPARE

  • Johari SMA NEGERI 1 PAREPARE
Keywords: Model problem solving, Termokimia, Hasil belajar siswa

Abstract

Termokimia terkesan sulit karena Termokimia bersifat hitungan, minat belajar siswa masih kurang, hasil belajar siswa masih rendah. Fenomena ini memerlukan kemampuan guru untuk mengelola pembelajaran menjadi hal yang disukai dan menyenangkan. Hal ini dapat ditempuh dengan menerapkan model Problem Posing, dimana model ini merupakan model pembelajaran yang mengharuskan siswa menyusun pertanyaan sendiri atau memecahkan suatu soal menjadi pertanyaan-pertanyaan yang lebih sederhana yang mengacu pada penyelesaian soal tersebut. Peserta didik akan lebih aktif, menguasai meteri dan urutan penyelesaiansoalsecaramendetail. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana aktivitas siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Parepare pada pembelajaran Termokimia dengan penerapan model Problem Posing?, (2) Bagaimana hasil belajar penerapan model Problem Posing siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Parepare pada pembelajaran Termokimia?. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase aktivitas siswa siklus 1 adalah 70% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase menjadi 91,67%. (2) Hasil belajar siswa siklus I adalah sebesar 53,58%, mengalami peningkatan menjadi 85,71% pada siklus II.

Published
2021-03-31