UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 11 PINRANG

  • Jabariah Abbas SMA NEGERI 11 PINRANG
Keywords: Hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif, Make a match

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 11 Pinrang pada Kelas X MIPA 3 hanya 25,64% siswa yang mencapai KKM, selain itu minat belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 11 Pinrang pada materi Protista dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah 35 siswa. Komponen pengumpulan data diperoleh dari hasil Pretest, Postest I dan II, dan Observasi. Analisis data dilakukan sesuai dengan data yang diperoleh yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu minat siswa berdasarkan hasil kuesioner dengan kriteria minimal tinggi mencapai 80% dan kuesioner akhir 95%. Hasil observasi diperoleh pada siklus I mencapai 100% dan siklus II 100% dengan peningkatan pada kategori minimal tinggi. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan minat siswa hingga melebihi target yaitu 85% siswa dengan kategori minimal tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata pada postest I 60,75 dan postest II adalah 79,5. Siswa yang tuntas KKM pada siklus I 14,3% dan siklus II mencapai 94,3%. Hasil belajar telah mencapai target yaitu 85% siswa tuntas KKM .Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatan belajar siswa Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 11 Pinrang.

Published
2021-03-31