PENERAPAN DISCOVERY LEARNING MELALUI MEDIA ANIMASI PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 1 PAREPARE
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa proses pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Parepare hanya menggunakan metode ceramah. Sehingga, tidak terjadinya proses belajar aktif siswa. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian tentang penerapan discovery learning melalui media animasi pada materi ikatan kimia. Rumusan dan tujuan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) aktivitas siswa, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian menggunakan desain PTK. Sampel penelitian adalah siswa X MIPA-1 berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan pemberian tes berbentuk essay. Data observasi dianalisis dengan teknik persentase, hasil tes dianalisis menggunakan rumus ketuntasan belajar dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Aktivitas siswa tergolong aktif, karena persentase nilai setiap aktivitas sangat tinggi. Hasil belajar siklus I dengan nilai rata-rata 70,93, siklus II 77,80 dan siklus III 89,23. Ketuntasan klasikal siklus I mencapai 76,66%, siklus II 83,33% dan siklus III 96,67%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Discovery Learning Melalui Media Animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia.