PERAN KEGIATAN LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK) TERHADAP PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMAN 8 ENREKANG

  • Salmiati UM Parepare
  • Isman UM Parepare
Keywords: Latihan dasar kepemimpinan, Pembinaan pendidikan agama Islam

Abstract

Tulisan ini membahas tentang konsep dan peran kegiatan latihan dasar kepemimpinan terhadap pembinaan Pendidikan Agama Islam di SMAN 8 Enrekang. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui penerapan konsep-konsep kegiatan latihan dasar kepemimpinan pembinaan Pendidikan Agama Islamdi SMAN 8 Enrekang dan untuk mengetahui peran kegiatan latihan dasar kepemimpinan terhadap pembinaan Pendidikan Agama Islam di SMAN 8 Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat kualitatif. Lokasi Penelitian di SMAN 8 Enrekang. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis data adalah dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu penerapan konsep dari kegiatan tersebut dimulai dari tahun 2012 hingga sekarang, pelaksanaannya diadakan sebelum memulai pelajaran, sebelum dan sesudah sholat zhuhur, kemudian kegiatan kuliah tujuh menit (kultum) ini kurang maksimal dalam pelaksanaannya. Latihan dasar kepemimpinan terhadap pembinaan Pendidikan Agama Islam sangat berperan dalam meningkatkan perilaku dan akhlak peserta didik di SMAN 8 Enrekang, para peserta didik telah mampu memimpin dirinya sediri, lebih percaya diri tampil dengan baik di depan umum, memahami dan mengerti ilmu agama Islam, dan menguasai teknik-teknikĀ  tampil sebagai penceramah serta berbagi ilmu pengetahuan kepada orang yang ada di sekitarnya.

Published
2021-03-31