PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MUHAMMDIYAH PAREPARE

  • Rosmiati Ramli UM Parepare
  • Muhammad Akram UM Parepare
Keywords: Metode question student have, Minat peserta didik

Abstract

Skripsi ini berkaitan dengan strategi pembelajaran dalam kelas, pembelajaran yang terlaksana dalam kelas XI SMA Muhammadiyah Parepare. Dalam Skripsi ini diuraikan tentang bagaimana penggunaan metode Question Student Have pada Mata Pelajaran Pendidikn Agama Islam, bagaimana peningkatan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatakan minat peserta didik melalui metode. Question Student Have karena dengan metode ini, peserta didik lebih aktif .

Penelitian ini penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari II siklus mencakup empat tahapan yakni (1) Tahapan perencanaan (2) tindakan atau pelaksanaan (3) observasi dan pengamatan (4) tahap refleksi.

Hasil penelitian ini yaitu pada siklus I jumlah skor rata-rata yang diperoleh adalah 64,14 dari hasil angket minat belajar pendidikan agama islam peserta didik. Langkah selanjutnya adalah siklus II dengan jumlah skor rata-rata 89,78. Dari hasil pengamatan yang dilakukan melalui lembar observasi membuktikan bahwa pada langkah siklus II peserta didik sudah sangat berminat dalam belajarnya dan nilai yang diperoleh sudah di atas kriteria pencapaian nilai minimum yang telah ditentukan yakni 70,11%. Karena hasil yang diperoleh sudah cukup memuaskan maka pelaksanaan penelitian tindakan dihentikan, cukup sampai pada siklus II.

Implikasi dari penerapan metode Question Studen Have pada peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Parepare dapat menigkatkan minat belajar pendidikan agama Islam peserta didik.

Published
2021-03-31