PENGARUH STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMK MUHAMMADIYAH
Abstract
Pendidikan adalah pengalaman-pengalaman belajar terprogram dalam bentuk pendidikan formal dan non formal. Sedangkan Pendidikan Agama Islam merupakan usaha sadar dan terencana untuk menyiapkan siswa dalam meyakini, memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan.Observasi awal peneliti telah mengamati peserta didik di SMK Muham madiyah Parepare dalam penerapan strategi genius learning ini hasilnya sangat memuaskan terutama dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa tersebut, hal ini di buktikan dengan siswa mampu mengangkat, mengemukakan berbagai pertanyaan, dan siswa dapat berpikir terbuka terhadap berbagai pandangan lainnya sehingga siswa dapat menyelesaikan berbagai permasalahannya dengan cara yang efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimentaldesigns. Dikatakan pre-experimental designs, kerena desain ini belum merupakan sungguh-sungguh karena masih terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik SMK Muhammadiyah Parepare setuju dengan metode pembelajaran genius learning. Hasil uji menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran genius learning terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMK Muhammadiyah Parepare.