Peranan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Peranan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual (SQ) Peserta didik SMP Muhammadiyah Pinrang yang bertujuan untuk mengamati (1) Bagaiamana Pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah Pinrang? (2) Bagaimana Bentuk-Bentuk Peningkatan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik SMP Muhammadiyah Pinrang? (3) Bagaimana Peningkatan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik melalui hasil Pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah Pinrang. Penelitian ini mengunakan pendekatan field research (penelitian lapangan) dan bersifat kualitatif. Metode kualitatif lebih cocok digunakan untuk mengembangkan teori yang dibangun melalui data yang diperoleh melalui lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pencapaian proses belajar mengajar PAI terhadap peningkatan kecerdasan spiritual peserta didik SMP Muhammadiyah Pinrang. Sudah memenuhi target pencapian perencanaan pembelajaran. Namun sasaran peserta didik belum secara keseluruhan.