Pengaruh Kepribadian Dan Kewibawaan Guru Terhadap Kerajinan Belajar Siswa
Abstract
Hasil penelitian menggambarkan bahwa kualitas persepsi siswa tentang kepribadian dan kewibawaan Guru PAI tersebut diketahui, bahwa rata-rata persepsi siswa tentang kepribadian kepribadian guru dengan interval 65-74 dengan angka 1,67 % dengan ketegori sedang dan interval 75-84 dengan angka persentasi 21,67% dengan kategori tinggi sedangkan interval 85-100 sebesar 76,67% dengan kategori sangat tinggi karena nilai rata yang diperoleh dari persepsi kewibawaan guru adalah 87,00 maka dapat disimpulkan dalam kategori “sangat tinggi” kerajinan belajar siswa. Data yang diperoleh tentang kerajinan siswa diketahui, bahwa persentase kerajinan siswa dengan interval 65-74 dengan angka persentase 10 % dengan ketegori sedang dan interval 75-84 dengan angka persentase 33,33 % dengan kategori tinggi sedangkan interval 85-100 dengan angka persentase sebesar 56,67% dengan kategori sangat tinggi karena nilai rata-rata yang diperoleh dari kerajinan siswa adalah 84,00 maka dapat disimpulkan dalam kategori “ tinggi”. Pengaruh kepribadian dan kewibawaan guru terhadap kerajinan belajar siswa. Karena Fhitung = 11,257 ≥ Ftabel(57) = 2,660, maka dapat disimpulkan pengaruh kepribadian dan kewibawaan guru terhadap kerajinan belajar siswa tergolong signifikan.