Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Islam

  • Abdul Walid
Keywords: Pengaruh, Kreativitas, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Peningkatan  Motivasi Belajar Pendidikan Islam di MI DDI Bila Kabupaten Pinrang. Hasil penelitian memberikan gambaran  bahwa motivasi belajar pendidikan Islam, terdapat 25% siswa dalam belajar agama Islam untuk menambah pengetahuan tentang ajaran Islam, 68,3% untuk meningkatkan pengalaman dan memperbaiki diri dan 6,7 % siswa yang belajar PAI untuk mendapat nilai bagus. Hasil angket yang telah diolah bahwa bahwa sebagian besar siswa (83,33%) dalam motivasi untuk mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah adalah untuk menambah pemahaman ajaran Islam. Selain itu siswa yang mengikuti kegiatan keagamaan dari perintah guru sebesar 8,3% sedangakan siswa yang mengikuti perintah orang tuanya sebesar 8,3%  ini sudah menandakan bahwa motivasi siswa dalam mengikuti peroses pembelajaran tergolong baik. Pengaruh Kreativitas guru dalam peningkatan motivasi belajar pendidikan Islam, karena thitung = 5,601 ≥ ttabel = 2,617  maka dapat disimpulakan Ho ditolak jadi terjadi pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil di uji t jadi dinyatakan bahwa jatuh pada penolakan Ho, maka dapat dinyatakan bahwa korelasi antara motivasi belajar peserta didik dengan prestasi belajar peserta didik signifikan sehingga dapat digeneralisasikan untuk populasi di mana sampel diambil.

Published
2019-09-10
Section
Articles