Strategi Guru Menghadapi Perilaku Negatif Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran
Abstract
Tujuan jangka panjang penelitian adalah mengembangkan strategi belajar yang edukatif untuk menjaga proses pembelajaran berjalan dengan baik di SMP Negeri 6 Parepare. Tujuan khusus adalah 1). Merumuskan dan menyusun strategi pembelajaran yang edukatif. 2). Menerapkan strategi yang terintegrasi dalam menghadapi perilaku belajar yang negatif. Target yang ingin dicapai adalah melalui penelitian ini diharapkan mampu menjadi salah satu referensi bagi dunia pendidikan pada umumnya dan guru pada khususnya untuk memilih dan menggunakan strategi yang tepat menangani perilaku negatif pada peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu mengungkapkan data yang diperoleh dalam bentuk narasi. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 6 Parepare, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, beberapa guru, dan beberapa peserta didik menjadi sumber data primer (utama) dalam penelitian. Data sekunder merupakan semua data penunjang penelitian yang diperoleh melalui pengamatan (observasi) dan penelusuran terhadap dokumen berkaitan dengan objek yang diteliti berupa catatan nama peserta didik yang melakukan pelanggaran dalam proses pembelajaran serta treatment yang digunakan guru dalam menangani pelanggaran tersebut.