PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PAREPARE

  • Nurfaizah Resti UM Parepare
  • Andi Fitriani Djollong UM Parepare
  • Ramlah UM Parepare
Keywords: Keterampilan Dasar Mengajar, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh keterampilan dasar mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar peserta didik di Kelas VII SMP Muhammadiyah Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan pengaplikasian keterampilan dasar mengajar guru Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMP Muhammadiyah Parepare termasuk dalam kategori baik yaitu sebesar 53.7%. Minat belajar peserta didik di kelas VII SMP Muhammadiyah Parepare termasuk dalam kategori cukup tinggi yaitu sebesar 49.6%. Adapun pengaruh keterampilan dasar mengajar guru Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar peserta didik di kelas VII SMP Muhammadiyah Parepare yaitu terdapat korelasi yang sangat tinggi sebesar 0.842.

Published
2020-10-30
Section
Articles