PERSEPSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 (Studi Kasus Di SMP Negeri 12 Parepare)

  • Muhammad Rezki UM Parepare
  • Raya Mangsi UM Parepare
  • Sumadin UM Parepare
Keywords: Persepsi guru PAI, Penerapan kurikulum 2013

Abstract

Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Penerapan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 12 Parepare. Penulisan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berkaitan dengan pemahaman guru, bagaimana penerapan nya, serta faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan Kurikulum di sekolah. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2018 di SMP Negeri 12 Parepare.Jenis penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan atau melukiskan secara sistematis, faktual, dan akurat, sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada skripsi ini dilakukan dengan cara: 1) Observasi 2) wawancara, 3) dokumentasi. Dalam hal ini, peneliti melakukan wawancara dengan beberapa narasumber, yakni kepala sekolah yang bertindak sebagai pembuka wacana mengenai kurikulum 2013 dan narasumber utama yaitu ke tiga guru mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Persepsi Guru mata pelajaran PAI SMP Negeri 12 Parepare terkait pemahaman nya mengenai kurikulum 2013, sebagaimana telah di kemukakan oleh ketiga guru mata pelajaran PAI bahwa kurikulum 2013 adalah kurikulum yang lebih memudahkan guru. Kedua kurikulum 2013 adalah kurikulum yang tujuan nya untuk membentuk karakter peserta didik sesuai tujuan dari kurikulum 2013. (2) Penerapan kurikulum 2013 di SMP Negeri 12 Parepare : Untuk hasil penerapan kurikulum 2013 ada peningkatan dari nilai-nilai peserta didik memuaskan di kurikulum 2013. Yang kedua hasil penelitian yang diperoleh dari kepala sekolah dan ketiga guru mata pelajaran PAI mengatakan, bahwasanya Kurikulum 2013, di terapkan di semua jenjang kelas, (3) Hambatan yang dirasakan oleh guru mata pelajaran PAI di kurikulum 2013, yang pertama pelatihan terkait penerapan kurikulum 2013 dirasa kurang dimana guru baru mendapatkan pelatihan tersebut baru sebanyak 3 kali hal ini juga di sampaikan oleh kepala sekolah, Penerapan kurikulum 2013 SMP Negeri 12 Parepare Kurikulum 2013 baik, namun terkesan belum disiapkan dengan matang, kurang nya distribusi buku pembelajaran bahwa ada kelas yang belum memiliki pegangan buku paket dan sarana media pembelajaran yang disediakan. Ketiga banyak nya penilaian yang ada di dalam kurikulum 2013 menjadi salah satu yang di keluhkan oleh guru  mata pelajaran PAI.

Published
2020-10-30
Section
Articles