EFEKTIVITAS METODE BELAJAR MANDIRI TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIFITAS BERPIKIR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 8 ENREKANG

  • Andi Abd. Muis Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Maryam Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Efektivitas, Metode, Belajar Mandiri, Kreatifitas Berpikir

Abstract

Efektivitas Metode Belajar Mandiri Terhadap Perkembangan Kreatifitas Berpikir Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 8 Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMAN 8 Enrekang Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. Adapun subyek penelitian adalah kepala sekolah,  guru PAI dan peserta didik kelas XI IPA SMAN 8 Enrekang tahun ajaran 2018-2019.  Taknik pengumpulan data yang digunakan adalah obsrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Taknik analisis data yang digunakan adalah induksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ’Efektivitas Metode Belajar Mandiri Terhadap Perkembangan Kreatifitas Berpikir Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 8 Enrekang berdampak positif bagi peserta didik. Penerapan  metode belajar mandiri peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 8 Enrekang Kecamatan Bungin kabupaten Enrekang  merupakan suatu proses  dimana peserta didik mengambil inisiatif dengan atau tanpa bantuan pihak lain dalam mendiagnosis kebutuhan belajar, membuat formulasi tujuan belajar, identifikasi sumber belajar (narasumber dan materi belajar), memilih dan menjalani strategi belajar yang sesuai serta mengevaluasi hasil belajar (outcomes).

Published
2020-06-30
Section
Articles