PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn TEMA 8 KESELAMATAN DI RUMAH DAN DI PERJALANAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS II UPTD SD NEGERI 39 PAREPARE

  • Sukmawati SD Negeri 39 Parepare
Keywords: Hasil belajar, PPKn, Quantum, Teaching, Audio Visual

Abstract

Pembelajaran PPKn tema 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan di UPTD SD Negeri 39 Parepare belum menggunakan berbagai model dan media pembelajaran aktif. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru dalam mata pelajaran PPKn. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang ditentukan oleh sekolah 70. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.  Subjek dari penelitian adalah siswa kelas II UPTD SD Negeri 39 Parepareyang berjumlah 18 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 perempuan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa model Quantum Teaching dan media Audio Visual pada mata pelajaran PPKn tema 8 dilihat dari siklus I menggunakan model Quantum Teaching dan media Audio Visual yang tuntas dengan KKM 70 sebanyak 6 siswa (33%) dengan nilai rata-rata 61, kemudian pada siklus II siswa yang tuntas dengan KKM 70 meningkat sebanyak 12 siswa (67%) dengan nilai rata-rata 69 dan pada siklus III dicapai presentase ketuntasan belajar dengan KKM 70 sebanyak 17 siswa (94%) dengan nilai rata-rata 86. Hal tersebut telah mencapai KKM klasikal yang telah ditentukan yaitu ≥ 85%. Kesimpulannya adalah penelitian tindakan kelas dengan model Quantum Teaching dan media Audio Visual mata pelajaran PPKn tema 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan pada siswa kelas II UPTD SD Negeri 39 ParepareTahun Pelajaran 2019/2020

Published
2020-06-30
Section
Articles