PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SMA NEGERI 3 PAREPARE

  • Rosmiati Ramli Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Herman Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Kompetensi, Kepribadian, Guru, Hasil belajar PAI

Abstract

Penelitian ini mengkaji  pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran PAI disekolah SMA Negeri 3 Parepare. Terkait dengan hal tersebut akan dibahas tentang bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI di SMA Negeri 3 Parepare, dan bagaimana hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Parepare, serta Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 3 Parepare. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru PAI di SMA Negeri 3 Parepare memiliki kategori yang baik. Sedangkan peserta didik dikelas XI IPS 3 di SMA Negeri 3 Parepare memilki hasil belajar yang baik pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Selanjutnya setelah dilakukan analisis data, hasil analisis statistik  pada ujii t , diketahui nilai thitung sebesar 6,326 > ttabel  2,093 , sehingga diperoleh bahwa variabel x berpengaruh terhadap variabel y. Dengan menggunakan uji linear regresi sederhana menyimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) yang diajukan dalam penelitian ini yang berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar PAI peserta didik di kelas XI SMA Negeri 3 Parepare  dapat diterimah, dengan sendirinya H0 ditolak ” dengan Tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada kategori sangat kuat yaitu 0.823.

Published
2020-06-29
Section
Articles