IMPLEMENTASI PENGELOLAAN KELAS TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII DI MTs NEGERI PAREPARE

  • Muh. Makki UM Parepare
  • Almulksar Sarianto UM Parepare
Keywords: Pengelolaan, Kelas, Peserta Didik, Pembelajarn Al-Qur’an Hadits

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Implementasi Pengelolaan Kelas Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs Negeri Parepare”. Dalam pembahasan Skripsi ini penulis menggunakan metode Kualitatif. Dalam memperoleh informasi yang actual maka dilakukan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang akan diteliti dalam Skripsi ini adalah guru dan pesrta didik.       Hasil penelitian  menunjukkan bahwa pelaksanaan pengelolaan pada kelas VIII untuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Parepare, meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan guru terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadits telah diimplementasikan melalui RPP (Rencana Program Pembelajaran), pelaksanaan yang dilakukan guru terhadap Al-Qur’an Hadits sudah baik terhadap penguasaan teori juga selalu dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, pelaksanaan pengelolaan kelas yang efektif dalam proses pembelajaran, guru mengamati murid lalu mengembangkan kemampuannya seoptimal munkin, evaluasi untuk mengukur dan menilai hasil pembelajaran yang dilakukan, apakah tujuan yang dirumuskan dapat tercapai atau tidak. Pengaruh pelaksanaan pembelajaran AL-Qur’an Hadits terhadap kedisiplinan siswa, meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam kelas mau pun luar kelas, tapi semuanya tetap melaksanakan dan mengikuti apa yang diperintah guru Al-Qur’an Hadits. Dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang tak pernah lepas adalah menghafal baik itu hadits atau pun Ayat-ayat Al-Qur’an.

 

 

Published
2020-06-28
Section
Articles