AL-IBRAH PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UPTD SD NEGERI 20 PAREPARE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dan mengetahui problematika penerapan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di UPTD SD Negeri 20 Parepare.
Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian kualitatif yang berlokasi di UPTD SD Negeri 20 Parepare. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, analisis dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kurikulum merdeka telah diterapkan selama kurang lebih dua tahun masih kurang maksimal melalui pembelajaran yang berpusat pada peserta didik,pengembangan proyek pelajar pancasila dan pemberian keleluasaan dalam memilih bahan ajar. 2) Problematika yang ditemukan diantaranya sulitnya mengubah mindset atau guru masih terbiasa dengan model pembelajaran kurikulum 2013, penerapan pembelajaran diferensiasi yang kurang maksimal karenakan karakteristik peserta didik berbeda sehingga guru perlu menyusun perangkat pembelajaran yang berbeda pula ini akan menambah beban kerja guru pendidikan agama Islam yang mengajar banyak kelas.
Kata kunci: Kurikulum, Merdeka, Pendidikan Agama Islam