AL-IBRAH IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN SATAP 6 GANDANGBATU SILLANAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN SATAP 6 Gandangbatu Sillanan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan Pendekatakan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti itu sendiri, pedoman wawancara, alat tulis dan alat rekam/HP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN SATAP 6 Gandangbatu Sillanan yaitu mengembangkan nilai saling menghormati, saling menghargai dan toleransi. (2) Implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN SATAP 6 Gandangbatu Sillanan yaitu implementasi proses pembelajaran di kelas dan implementasi di luar kelas, guru berupaya untuk menguatkan materi saling menghormati, menghargai dan toleransi.
Kata Kunci: Implementasi nilai-nilai multikultural, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.