AL-IBRAH DAMPAK INTENSITAS MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH PAREPARE

  • Salmi
Keywords: Membaca Al-Qur’an, Kecerdasan Emosional, Peserta Didik

Abstract

Uswatun Amalia, 2025. “Dampak Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah Parepare”.. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui intensitas membaca Al-Qur’an peserta didik di SMA Muhammadiyah Parepare lalu mengetahui kecerdasan emosional peserta didik di SMA Muhammadiyah Parepare dan untuk mengetahui dampak intensitas membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional peserta didik di SMA Muhammadiyah Parepare.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang di lakukan di SMA Muhammadiyah Parepare, menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer yaitu perwakilan peserta didik dan guru Pendidikan Agama Islam dan sumber data sekunder yaitu hasil dokumentasi dan berbagai literatur berupa buku, jurnal, artikel, yang berkaitan dengan penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti itu sendiri, pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengumpulan data serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang didapatkan bahwa: 1) Intensitas membaca Al-Qur’an peserta didik SMA Muhammadiyah Parepare memiliki dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan karakter dan kecerdasan emosional siswa. 2) Kegiatan ini membantu siswa mengelola emosi, meningkatkan kesabaran, dan memperbaiki hubungan sosial. Dengan memahami nilai-nilai Al-Qur'an, siswa lebih bijaksana dalam menghadapi tantangan emosional. 3) Secara keseluruhan, dampak intensitas membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan emosional peserta didik di SMA Muhammadiyah Parepare cukup signifikan. Namun, untuk mengoptimalkan hasilnya, diperlukan upaya kolaboratif antara guru dan siswa, dengan pendekatan yang lebih personal dan adaptif terhadap kebutuhan emosional masing-masing siswa.

Kata Kunci: Membaca Al-Qur’an, Kecerdasan Emosional, Peserta Didik

Published
2025-05-02
Section
Articles