AL-IBRAH STRATEGI GURU AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB (ISMUBA) TERHADAP PENDEKATAN PERUBAHAN TINGKAH LAKU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SMK MUHAMMADIYAH PAREPARE

  • Salmi
Keywords: Strategi guru ISMUBA, pendekatan perubahan tingkah laku, pengelolaan kelas

Abstract

Nur Amalina Abdul Rahman, 2024. Strategi Guru Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) terhadap Pendekatan Perubahan Tingkah Laku dalam Pengelolaan Kelas di SMK Muhammadiyah Parepare tulisan ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) dalam mengelola kelas melalui pendekatan perubahan tingkah laku di SMK Muhammadiyah Parepare. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi tersebut dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif bagi pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMK Muhammadiyah Parepare. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer meliputi Guru ISMUBA, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum, serta peserta didik. Sementara itu, data sekunder diperoleh dari berbagai literatur yang relevan, seperti buku, artikel, dan jurnal. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup lembar observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru ISMUBA yang dirancang secara sistematis dan fleksibel mampu mendukung perubahan tingkah laku peserta didik ke arah yang lebih positif. Pendekatan perubahan tingkah laku, seperti pemberian pujian, penghargaan, serta konsekuensi yang mendidik, efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Efektivitas strategi guru ISMUBA dalam pendekatan perubahan tingkah laku bergantung pada peran guru sebagai teladan, pemberi motivasi, dan fasilitator dalam membentuk kebiasaan positif peserta didik. Implikasi stakeholder sekolah memiliki peran penting untuk mendukung keberhasilan penerapan pendekatan perubahan tingkah laku dalam pengelolaan kelas secara berkelanjutan.

 

Kata kunci: Strategi guru ISMUBA; pendekatan perubahan tingkah laku; pengelolaan kelas

Published
2025-05-02
Section
Articles