AL-IBRAH METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU TAJWID (IKHFA HAQIQI) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDIT SOSSOK ANGGERAJA

  • Salmi
Keywords: Metode WAFA, Ikhfa’ Haqiqi, Hasil Belajar, Peserta Didik

Abstract

Muhammad Yunus, 2024. Metode Wafa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Tajwid (Ikhfa Haqiqi) Pada Peserta Didik Kelas V SDIT Sossok Anggeraja (Pembimbing I Dr. Andi Fitriani Djollong, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Sumadin, S.Pd.I., M.Pd.I). Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode WAFA dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V (Lima) SDIT Anggeraja.

Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus secara partisipan yaitu peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian: SDIT Sossok Anggeraja Enrekang. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V dengan jumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, lembar tes meliputi soal pre-test dan post-test. Teknik analisis data dianalisis secara deskriptif dengan mencari nilai rata-rata dan persentase keberhasilan belajar peserta didik.

Hasil penelitian yang didapatkan adalah metode WAFA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) materi pokok Ikhfa’ Haqiqi dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan belajar pada siklus I dan II. Pada tahap pra siklus ketuntasan belajar peserta didik hanya 45 % dengan nilai rata-rata kelas 65,5 setelah diterapkan metode WAFA pada pembelajaran siklus I ketuntasan belajar peserta didik meningkat menjadi 60 % dengan niai rata-rata 71. Karena ketuntasan belum mencapai 80 % maka dilanjutkan ke siklus II dan ketuntasan meningkat hingga 85 % dan nilai rata-rata 80,5.

Kata Kunci: Metode WAFA, Ikhfa’ Haqiqi, Hasil Belajar, Peserta Didik

Published
2025-04-26
Section
Articles