AL-IBRAH Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Gandangbatu Sillanan

  • Salmi
Keywords: Kurikulum Merdeka Belajar, Karakter Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka di SDN Gandangbatu Sillanan dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan menguraikan dampak implementasi kurikulum merdeka terhadap pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Gandangbatu Sillanan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang berlokasi di SDN Gandangbatu Sillanan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan sumber data yaitu sumber data primer yaitu guru PAI, kepala sekolah dan peserta didik dan sumber data sekunder berupa beberapa artikel dan hasil dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan data serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Implementasi kurikulum merdeka di SDN Gandangbatu Sillanan dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam diawali dengan adanya persiapan dari guru PAI berupa mengikuti pelatihan atau bimbingan tentang kurikulum Merdeka serta menyiapkan modul pembelajaran sebelum pembelajaran dimulai. Selain itu dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka guru PAI berupaya menggunakan metode variatif dalam pembelajaran agar peserta didik aktif serta menjunjung pembelajaran berbasisi diferensiasi dalam pembelajaran., 2. Implementasi Kurikulum Merdeka memberikan dampak positif terhadap perkembangan karakter peserta didik melalu pembelajaran PAI yang dikemas dengan baik oleh guru seperti membiasakan salam dan membaca doa sebelum pembelajaran dimulai. Selain itu melalui kegiatan Profil Pelajar Pancasila (P5) peserta didik tidak hanya membangun kompetensi akademik, tetapi juga memperkuat pondasi moral dan etika peserta didik.

 

Kata kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Karakter Peserta Didik

Published
2025-04-26
Section
Articles