AL-IBRAH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR DI UPT SMPN SATAP 3 MENGKENDEK
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang penerapan pembelajran berdiferensiasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam untu meningkatkan kualitas belajar di UPT SMPN SATAP 3 Mengkendek yang bertujuan mengetahui bagaimana langkah-langkah penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan mengetahui dampak penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kualitas belajar. Hal yang mendasari dari penelitian ini adalah Pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu solusi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas belajar, dengan mengakomodasi perbedaan kebutuhan, minat, dan kemampuan peserta didik. Melalui pendekatan ini, guru dapat memberikan materi yang lebih relevan dengan konteks sosial dan budaya peserta didik, serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih inklusif.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Lokasi penelitian di lembang Simbuang , kecamatan Mengkendek, kabupaten Tana Toraja. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data primer adalah kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik, sumber data sekunder adalah hasil dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri.Teknik Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Langkah-langkah Penerapan Pembelajaran berdiferensiasi adalah Asesmen diagnostik, Analisis kurukulum,pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dan Evaluasi.(2)Penerapan pembelajaran berdiferensiasi terbukti dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di UPT SMPN SATAP 3 Mengkendek.
Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi dan Kualitas belajar