AL-IBRAH Peran Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Kesadaran Beragama Siswa Di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Rappang)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa kegiatan ekstrakurikuler keagamaan diharapkan mampu berkontribusi pada peningkatan kualitas kesadaran beragama siswa. Tujuan penelitian dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kesadaran beragama siswa di Muhammadiyah Boarding School (MBS Rappang) sebelum dan sesudah mengikuti ekstrkurikuler keagamaan serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan ekstrakurikuler keagamaan terhadap pemahaman keagamaan siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang berlokasi di Muhammadiyah Boarding School Rappang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatid dengan sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Terjadi perubahan pada tingkat kesadaran beragama siswa sebelum dan setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler keagamaan meliputi memanah, berkuda dan berenang. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan bukan hanya pada tataran pelaksanaan ibadah seperti shalat dan mengaji tetapi juga pada gambaran akhlak siswa yang lebih baik, 2. Terdapat beberapa faktor pendukung dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yaitu pelatih yang profesional dan akses tempat latihan yang mudah dijangkau. Adapun faktor penghambatnya adalah terbatasnya fasilitas yang tersedia di lingkungan sekolah, waktu yang terbatas serta cenderung menggunakan budget yang besar.Kata Kunci: Toleransi; Pendidikan Islam.
Kata Kunci : Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan, Kesadaran Beragama Siswa