Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas X IIs SMA Muhammadiyah Parepare

  • Muhammad Natsir
Keywords: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Numbered Heads Together (NHT)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besarnya peningkatan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran ekonomi, (2) besarnya peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran ekonomi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMA Muhammadiyah Parepare yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dari siklus I ke siklus II: (1) keaktifan belajar siswa yang termasuk kategori tinggi mengalami peningkatan sebesar 50%, (2) hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan sebesar 35%.

Published
2019-11-21
Section
Articles