Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia Kelas X MIPA 2 Di SMAN 4 Pinrang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran Kimia dengan menerapkan metode Inkuiri terbimbing pada peserta didik kelas X MIPA 2 SMAN 4 Pinrang.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Action Research Classroom). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik yang terdiri dari 21 perempuan dan 12 laki-laki dengan latar belakang dan kemampuan akademik yang heterogen.Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes formatif dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengajaran dengan metode inkuiri terbimbing memiliki dampak positif dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Kimia pada larutan koloid yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik, yaitu siklus I (54.55%) dan siklus II (90.90%). Peserta didik dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok, serta mampu mempertanggungjawabkan segala tugas individu maupun kelompok.