Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Materi Litosfer Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Siswa Kelas X Is.2 SMA Negeri 1 Parepare

  • Rini Riyanti
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Keaktifan dan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus ditempuh dengan 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X I.2 SMA Negeri 1 Parepare sebanyak 35 siswa. Jenis data yang diperoleh adalah adalah data kuantitatif melalui observasi, dokumentasi, dan hasil tes. Teknik analisis data meliputi reduksi data, pemaparan data, verifikasi dan pengumpulan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan presentase keaktifan siswa yang diperoleh dari lembar observasi. Pada siklus I presetase keaktifan 69,52% masuk dalam kategori tinggi. Pada siklus II presentase keaktifan siswa terus mengalami peningkatan yiatu 80,77% masuk dalam kategori sangat tinggi; 2) Melalui penerapan model pembelajaran koopertaif tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar mengalami peningkatan tiap siklusnya, pada siklus I sebesar 22  siswa atau 62,86 % memperoleh nilai >60. Pada Siklus II ini mengalami peningkatan hasil belajar  sebesar 27 siswa atau 77,14 memperoleh nilai >60. Keberhasilan tindakan dapat dilihat dari peningkatan nilai siswa pada mata pelajaran geografi, tingkat keberhasilannya adalah minimal 75% dari jumlah siswa mencapai nilai sesuai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sekolah tersebut yaitu 60. Siswa dikatakan tuntas dalam belajar jika nilai >60 dan siswa dikatakan belum tuntas dalam belajar jika nilai siswa >60. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi terjadi peningkatan yang sangat signifikan dan sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan.

Published
2019-11-21
Section
Articles