STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMPN 2 ANGGERAJA KECAMATAN MALUA KABUPATEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran akhlak peserta didik di SMPN 2 Anggeraja Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang dan bentuk strategi pembinaan akhlak yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Anggeraja Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMPN 2 Anggeraja Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Pendekatan penelitian: sosiologis dan pedagogi. Sumber data primer (guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik), data sekunder (kepala sekolah dan guru BK). Instrumen penelitian: pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi. Prosedur pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian: 1) Gambaran akhlak peserta didik di SMPN 2 Anggeraja Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang sebagian kecil dikategorikan kurang baik dengan indikator etika berkomunikasi dan tingkat kesopanan terhadap guru yang masih perlu perbaikan. 2) Bentuk strategi pembinaan akhlak yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Anggeraja Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang yaitu memberikan keteladanan, pembiasaan, nasihat dan hukuman.