PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIDKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH PAREPARE
Abstract
Penelitian ini Mengangkat judul “Penanaman nilai-nilai Pendidikan Karakter Disipli Guru Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Parepare”. Bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin di SMP Muhammadiyah parepare serta apa saja faktor penghambat dan pendukung penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin di SMP Muhammadiyah parepare.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriftif dengan menggunakan dua sumber data yaitu primer dan skunder. Sumber data primer yaitu; kepala sekolah SMP Muhammadiyah Parepare, guru pendidikan agama islam dan peserta didik di SMP Muhammadiyah Parepare. Data skunder berupa berbagai sumber literatur seperti jurnal,buku,artikel, dan lain sebagainya. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan alat dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin di SMPMuhammadiyah parepare terdiri dari lima tahapan yaitu; pembiasaan, keteladanan,teguran, nasihat, dan hukuman. 2)Adapun faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai karakter disiplin yaitu; faktor keluarga, sekolah, kebiasaan, dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin yaitu; faktor keluarga, sekolah, dan masyarakat.