Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Solusinya Di SMPN 2 Anggeraja
Abstract
Abstrak, Skripsi ini membahas tentang bagaimana problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan solusinya di SMPN 2 Anggeraja. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk menemukan masalah-masalah Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Anggeraja, dan mengetahui permasalahan apa pada Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Anggeraja dan apa solusinya sehingga dapat menjadi masukan dari berbagai pihak yang terkait. Dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan objek penelitian adalah guru SMPN 2 Anggeraja sebanyak 15 orang. Teknik-teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: Pertama, pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Anggeraja mengalami problematika, seperti kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang diberikan oleh guru, kurangnya buku-buku terkhusus untuk kelas IX yang akan ujian, pengaruh lingkungan yang luar biasa deras, rendahnya respon siswa terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam, kurangnya keteladanan guru, lemahnya hukum dan tata tertib sekolah, dan kurangnya pemberian penghargaan pada siswa yang berprestasi di sekolah; kedua, solusi dari masalah yang ada di SMPN 2 Anggeraja menyangkut pelaksanaan pendidikan agama Islam adalah pelaksanaan remedial, penegakan kedisiplinan di sekolah, komitmen bersama guru untuk mengamalkan secara kaffah ajaran Islam di sekolah, pemberian motivasi dan harapan kepada siswa, pemberian efek jera kepada siswa yang melanggar dan memberikan penghargaaan bagi siswa yang berprestasi, solusi masalah yang terjadi dengan dua cara yaitu: jangka pendek, misalnya pengadaan pembelajaran remedial, pemberian efek jera bagi siswa yang melanggar dan pemberian penghargaan bagi siswa yang berprestasi di sekolah, dan jangka panjang adalah kesadaran akan kedisiplinan di sekolah, kesadaran pengamalan ajaran Islam secara konsisten, keteladanan bagi guru.