UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MENGGUNAKAN METODE INQUIRY PESERTA DIDIK DI KELAS VIII.1 UPTD SMP NEGERI 10 PAREPARE
Abstract
Studi ini menelaah penerapan model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan pemahaman konsep struktur dan fungsi bagian tumbuhan peserta didik kelas VIII.1 UPTD SMP Negeri 10 Kota Parepare. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu “Apakah pemahaman konsep struktur dan fungsi bagian tumbuhan pada mata pelajaran IPA meningkat melalui metode Inquiry peserta didik di Kelas VIII.1 UPTD SMP Negeri 10 Kota Parepare ?”
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang sifatnya deskriptif analitik. Fokus penelitian ini adalah peningkatan proses pembelajaran dan pemahaman konsep struktur dan fungsi bagian tumbuhan pada mata pelajaran IPA peserta didik dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.1 UPTD SMP Negeri 10 Kota Parepare yang berjumlah 32 peserta didik, sebanyak 17 orang yang terdiri dari peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Data diperoleh melalui teknik observasi, tes dan dokumen. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriftif kualitatif dengan cara mengelompokan data aspek guru dan aspek peserta didik. Dari hasil tes formatif pada siklus I nilai rata-rata 68,12 dan tingkat ketuntasan mencapai 62,5% dengan kategori Cukup, dan siklus II nilai rata-rata 80,93 tingkat ketuntasan mencapai 84,37% dengan kategori Tinggi.
Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan pemahaman konsep struktur dan fungsi bagian tumbuhan pada mata pelajaran IPA peserta didik dengan menerapkan metode pembelajaran Inquiry VIII.1 UPTD SMP Negeri 10 Kota Parepare