MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS ASPEK READING ABILITY MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN METODE LATIHAN (DRILLING EXERCISE METHOD) SISWA KELAS IX UPTD SMP NEGERI 4 PAREPARE KECAMATAN UJUNG KOTA PAREPARE
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Menggunakan 2 siklus dengan langkah-langkah antara lain perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas Kelas IX UPTD SMP Negeri 4 Parepare terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2023/2024.
Teknik pengumpulan data dengan Implementasi RPP dan Instrumen Evaluasi dan Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Untuk analisis kuantitatif digunakan analisis deskriptif yang terdiri atas rata-rata, median, standar deviasi, maksimum dan minimum yang diperoleh siswa pada tes siklus. Dari hasil observasi dianalisis secara kualitatif untuk melihat rata-rata dan persentase kehadiran dan aktivitas siswa pada saat pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukan sebagai berikut; Dalam analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat penguasaan materi siswa Kelas IX.4 UPTD SMP Negeri 4 Parepare pada siklus I tidak terdapat sama sekali siswa (0,00 %) yang berada pada tingkat penguasaan sangat tinggi, maka pada siklus II mengalami peningkatan secara signifikan yakni 8 orang siswa (28,57 %) berada pada kategori ini. Selanjutnya pada siklus I terdapat 9 orang siswa atau 32,14 % yang berada pada tingkat penguasaan sangat rendah dan pada siklus II menurun secara signifikan menjadi tidak ada sama sekali (0,00 %) berada pada kategori sangat rendah.