PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN ALAT MUSIK PIANIKA DENGAN LAGU DAERAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII.5 UPTD SMP NEGERI 4 PAREPARE
Abstract
Dalam penelitian ini permasalahan yang timbul adalah apakah metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar keterampilan bermain alat musik pianika pada kelas VIII.5 di UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian tindakan kelas pengambilan data melalui beberapa tahap yaitu: tahap pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Proses pemecahan permasalahan dimulai dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), menganalisa data dan informasi untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan hasil tindakan (reflection). Teknik pengambilan data dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dan kualitatif meliputi tiga komponen: reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Proses Penilaian prestasi belajar dalam pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII.5 pada pelajaran seni budaya di UPTD SMP Negeri 4 Parepare terjadi perubahan yang signifikan terhadap hasil pembelajaran, hal ini ditandai dengan peningkatan prestasi belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu siklus I nilai rata-rata 68,64 dengan tingkat ketuntasan 64% dengan kategori Cukup, dan siklus II nilai rata-rata 78,18 dengan tingkat ketuntasan 82% dengan kategori Tinggi. Dari skor hasil aktivitas dan nilai hasil belajar yang diperoleh peserta didik tersebut dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik