UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DI KELAS VI UPTD SD NEGERI 49 PAREPARE

  • Amiruddin UPTD SD Negeri 49 Parepare
Keywords: Hasil Belajar PKn, Model Pembelajaran Berbasis Portofolio

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio pada mata pelajaran PKn di kelas VI SD Negeri 49 Parepare. Jenis metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan alur putaran spiral Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI UPTD SD Negeri 49 Parepare yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar PKn, untuk ranah kognitif mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), untuk ranah afektif dan psikomotorik telah mencapai kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan proses belajar mengajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Hal ini terbukti dengan peningkatan hasil belajar ranah kognitif (tes dan produk), afektif, psikomotorik subjek penelitian mengalami peningkatan. Peningkatan presentase hasil belajar yaitu pratindakan ranah kognitif (tes) 31,03%, pada siklus I meningkat menjadi 75,87%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 79,31%. Hasil belajar pratindakan ranah kognitif (produk) 0%, siklus I meningkat menjadi 75,86%, dan siklus II meningkat lagi menjadi 100%. Hasil belajar pratindakan ranah afektif 0%, siklus I meningkat menjadi 75,86%, dan siklus II meningkat lagi menjadi 82,76%. Hasil belajar pratindakan ranah psikomotorik 0%; siklus I meningkat menjadi 89,65%., dan siklus II meningkat lagi menjadi 93,10%.

Published
2023-07-16