USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS (RESITATION) PADA SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 4 PAREPARE

  • Muhammad Rusdi D UPTD SMP Negeri 4 Parepare
Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Demonstrasi, Pemberian Tugas

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika yang berbeda secara signifikan antara siswa mendapat model pembelajaran Demonstrasi dan Pemberian Tugas (Resitation) dan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional dan untuk mengetahui sikap siswa yang mendapat model pembelajaran Demonstrasi dan Pemberian Tugas (Resitation) terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 UPTD SMP Negeri 4 Parepare dengan jumlah siswa 20 siswa yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan indikator keberhasilan dari segi hasil pembelajaran di atas dan hasil tes yang didapatkan pada siklus I maka tindakan pada siklus I dianggap tidak berhasil sebab jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 adalah 2 orang siswa, sebuah jumlah atau persentase yang berada di bawah indikator keberhasilan. Hasil tes pada siklus II meningkat dari hasil tes sebelumnya yakni siswa dan guru menyimpulkan materi pembelajaran kemudian melaksanakan evaluasi hasil untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Setelah evaluasi dilaksanakan hasilnya adalah 10 atau 50 % siswa mendapatkan nilai diantara 85-100 (sangat baik) , dan 10 atau 50 % siswa mendapatkan nilai 70-84 (baik). Jadi jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 adalah 20 orang atau 100 %. Memenuhi standar indikator minimal keberhasilan penelitian dari segi hasil bahkan jauh melebihinya dengan kata lain tindakan pada siklus dua ini sangat berhasil.

Published
2023-07-16