OPTIMALISASI NILAI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI PERMAINAN BOLA BESAR (BOLA VOLLY) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE TUTOR SEBAYA SISWA KELAS IV UPTD SD NEGERI 27 PAREPARE
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran Tipe Tutor Sebaya dalam pembelajaran Penjaskes dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV UPTD SD Negeri 27 Parepare dengan jumlah siswa 19 siswa yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setelah evaluasi siklus I dilaksanakan hasilnya adalah tidak ada sama sekali siswa atau 0,00 % siswa mendapatkan nilai diantara 85-100 (sangat tinggi) , terdapat 4 orang siswa atau 21,05 % siswa mendapatkan nilai 65-84 (tinggi), dan terdapat 5 orang siswa atau 26,32 % siswa mendapatkan nilai 55-64 (sedang). Sementara itu, untuk rentang nilai 35-54 terdapat 10 orang siswa atau 52,63 % dan rentang nilai 0-34 tidak ada siswa yang mendapat nilai tersebut. Jadi jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 adalah 4 orang siswa atau 21,05 %. Hasil tes pada siklus II meningkat dari hasil tes sebelumnya yakni siswa dan guru menyimpulkan materi pembelajaran kemudian melaksanakan evaluasi hasil untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Setelah evaluasi dilaksanakan hasilnya adalah 14 orang siswa atau 73,68 % siswa mendapatkan nilai diantara 85-100 (sangat tinggi) , dan 5 orang siswa atau 26,32 % siswa mendapatkan nilai 65-84 (tinggi). Jadi jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥ 70 adalah 19 orang siswa atau 100 %.