UPAYA KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENGGUNAKAN FASILITAS VOICE NOTE WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN DI SMP NEGERI 6 PAREPARE SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan guru menggunakan fasilitas Voice Note Whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 12 guru di SMP Negeri 6 Parepare Kecamatan Soreang Kota Parepare Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Validasi data dengan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pada kondisi awal, hasil siklus I, hasil siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal menunjukkan bahwa hasil penilaian terhadap kemampuan guru menunjukkan hasil yang kurang baik, hal tersebut ditunjukkan dengan rendahnya kemampuan guru yang hanya memperoleh angka nilai rata-rata 44,00 dan hanya masuk dalam kualifikasi kurang. Pada pelaksanaan siklus pertama hasil penilaian terhadap kemampuan guru menunjukkan hasil angka nilai rata-rata 66,83 dan hanya masuk dalam kualifikasi C atau cukup. Pada pelaksanaan siklus kedua hasil penilaian terhadap kemampuan guru menunjukkan hasil angka nilai rata-rata 86,33 dan masuk dalam kualifikasi B atau baik. Melihat data perolehan hasil penelitian dalam kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, dapat disimpulkan bahwa pendampingan yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap 12 guru di SMP Negeri 6 Parepare Kecamatan Soreang Kota Parepare dinyatakan berhasil meningkatkan kemampuan guru menggunakan fasilitas Voice Note Whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh.