PENERAPAN METODE REWARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DUA ANGKA PADA PESERTA DIDIK KELAS I UPT SD NEGERI 16 PANETTE KABUPATEN ENREKANG

  • Darmiah UPT SD Negeri 16 Panette
Keywords: Reward, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pembelajaran perlu diadakannya inovasi dalam pembelajaran. Metode Reward merupakan salah satu model dimana peserta didik lebih aktif didalam kegiatan pembelajaran, dan meningkatkan semangat belajar dalam diri peserta didik. Rumusan masalah Penelitian ini adalah Bagaimana motivasi belajar matematika dengan menggunakan metode Reward Peserta didik Kelas I UPT SD Negeri 16 Panette ? dan Apakah hasil belajar Matematika meningkat dengan metode Reward Peserta didik Kelas I UPT SD Negeri 16 Panette. tujuannya untuk Untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika dengan menggunakan metode Reward Peserta didik Kelas I UPT SD Negeri 16 Panette. Untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menggunakan metode Reward Peserta didik Kelas I UPT SD Negeri 16 Panette ?. Hipotesis penelitian ini adalah Jika Metode Reward ini diterapkan dengan baik, maka motivasi dan hasil belajar matematika Peserta didik Kelas I UPT SD Negeri 16 Panette akan meningkat. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik Kelas I UPTD UPT SD Negeri 16 Panette Kabupaten Enrekang tahun ajaran 2021/2022 dan jumlah peserta didik 10 orang. Data penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar untuk melihat keberhasilan belajar peserta didik setelah pembelajaran menggunakan Metode Reward, lembar observasi bagi guru dan peserta didik untuk kondisi pelaksanaan tindakan dan jurnal refleksi guru. Prosedur penelitian ini terdiri dari : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik yang memperoleh nilai minimal 70 meningkat untuk setiap siklus. Berdasarkan hasil tes, yaitu pada siklus I keberhasilan peserta didik menjadi 60% dengan kategori Cukup. Pada siklus II keberhasilan peserta didik meningkat menjadi 90% dengan kategori Sangat Baik. Penarapan metode Reward sangat baik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Peserta didik merasa senang dalam pembelajaran yang berlangsung dan tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Motivasi mempunyai pengaruh terhadap hasil nilai peserta didik. Peserta didik yang termotivasi, keinginan belajarnya akan meningkat. Reward bisa berupa sanjungan, hadiah, dan nilai dari Reward yang telah diberikan

Published
2023-07-16