MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP CAHAYA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII .3 SMP NEGERI 4 PAREPARE TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada Cahaya Menggunakan Model Cooperative Learning Dengan Metode Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII .3 yang berjumlah 26 orang.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan maka diperoleh beberapa kesimpulan yaitu sebagai berikut : Penerapan cooperative learning dengan metode eksperimen pada konsep cahaya dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran. Skor rata-rata pengamat pada siklus I adalah 32 yang kemudian meningkat menjadi 38 pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 41 pada siklus III. Sedangkan, Skor rata-rata pengamat aktivitas guru pada siklus I adalah 34 yang kemudian meningkat menjadi 42 pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 42.5 pada siklus III. Penerapan cooperative learning dengan metode eksperimen pada konsep cahaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII 3 SMP Negeri 4 Paepare. Hasil belajar pemahaman konsep siswa siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 74.82, meningkat menjadi 80.82 pada siklus II dan meningkat menjadi 83.76 pada siklus III. Daya serap siswa siklus I sebesar 74.82%, lalu menjadi 80.82% pada siklus II, kemudian meningkat menjadi 83.76% pada siklus III. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 69.23% meningkat menjadi 88.46% pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 92.31% pada siklus III.