IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DAN HEWAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IX.1 UPTD SMP NEGERI 4 PAREPARE SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep perkembangbiakan tumbuhan dan hewan di Kelas IX.1 UPTD SMP Negeri 4 Kota Parepare melalui model pembelajaran Scientific Approach. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran Scientific Approach dalam pembelajaran IPA terhadap konsep perkembangbiakan tumbuhan dan hewan pada peserta didik kelas IX.1 UPTD SMP Negeri 4 Parapare? dan Apakah penerapan model pembelajaran Scientific Approach dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep perkembangbiakan tumbuhan dan hewan di Kelas IX.1 UPTD SMP Negeri 4 Parapare ?. tujuan penelitian Untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Scientific Approach dalam pembelajaran IPA pada peserta didik kelas IX.1 UPTD SMP Negeri 4 Parapare. Untuk mengetahui peningkatan pemahaman belajar peserta didik kelas IX.1 melalui penerapan model pembelajaran Scientific Approach di UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas IX.1 UPTD SMP Negeri 4 Kota Parepare dengan jumlah peserta didik 25 orang yang terdaftar pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang dilaksanakan masing-masing sebanyak 2 kali pertemuan. Dari hasil penelitian menunjukan Penggunaan model pembelajaran scientific approach terbukti baik dan efektif digunakan dalam rangka meningkatkan pemahaman belajar peserta didik kelas IX.1 pada mata pelajaran IPA tentang Sistem perkembangbiakan tumbuhan dan hewan di SMP Negeri 4 Kota Parepare dengan ketuntasan Siklus I 68% kategori Cukup meningkat pada siklus II mencapai 88 % dan tergolong dalam kategori Sangat Tinggi. Hasil analisis data disimpulkan model Scientific Approach dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap perkembangbiakan tumbuhan dan hewan. model pembelajaran Scientific Approach perlu dijadikan referensi dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pada konsep perkembangbiakan tumbuhan dan hewan