UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DALAM EKSPLORASI BENTUK-BENTUK GEOMETRI DENGAN BERBAGAI MEDIA PADA KELOMPOK B.1 TK-RA UMDI KAMPUNG BARU KOTA PAREPARE
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan Kualitas Pembelajaran anak TK HUTRI Parepare melalui eksplorasi bentuk-bentuk geometri dengan berbagai media. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok B.1 TK-RA UMDI Kampung Baru Kota Parepare dengan jumlah siswa 16 orang yang terdaftar pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasilnya peningkatan Kualitas Pembelajaran siswa Kelompok B.1 TK-RA UMDI Kampung Baru Kota Parepare dengan eksplorasi bentuk-bentuk geometri dengan berbagai media adalah (i) Setelah evaluasi dilaksanakan hasilnya adalah siklus I mencapai 68,7% kategori Cukup, kemudian meningkat pada siklus II mencapai 87,5% kategori Sangat Baik, (ii) terdapat peningkatan Kualitas Pembelajaran siswa Kelompok B.1 TK-RA UMDI Kampung Baru Kota Parepare dengan penerapan eksplorasi bentuk-bentuk geometri dengan berbagai media, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hal tersebut dapat dilihat pada tabel dan penjelasan pada lampiran-lampiran, pada siklus I dan siklus II. Sehubungan dengan hasil diatas, maka metode ini dinilai cukup efektif diterapkan dalam mengajar, karena dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam mengerjakan tugasnya di sekolah untuk meraih prestasi yang maksimal dan sesuai dengan nilai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan.