PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI UPTS SMP MUHAMMADIYAH PAREPARE
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di UPTS SMP Muhammadiyah Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di UPTS SMP Muhammadiyah Parepare.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis dengan statistik inferensial.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah adanya pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di UPTS SMP Muhammadiyah Parepare. Hal tersebut dinilai dari signifikansi sebesar 0,553 dan 0,265 dan tes hasil belajar dari skor rata-rata 55 ke 76 dan memenuhi KKM.