UPAYA PENDIDIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN ETIKA BERKOMUNIKASI DI SMPN 2 ANGGERAJA KEC. MALUA KAB. ENREKANG
Abstract
Penelitian ini berjudul Upaya Pendidik Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Etika berkomunikasi Peserta Didik di SMPN 2 Anggeraja Kec. Malua Kab. Enrekang. Bertujuan untuk mengetahui gambaran etika berkomunikasi peserta didik di SMPN 2 Anggeraja Kec. Malua Kab. Enrekang, megetahui upaya pendidik Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan etika berkomunikasi peserta didik serta faktor- faktor pendukung dan penghambat etika berkomunikasi peserta didik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SMPN 2 Anggeraja Kec. Malua Kab. Enrekang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan yaitu pedagogi dan psikologi. Sumber data primer (pendidik Pendidikan Agama Islam dan peserta didik), data sekunder (Kepala sekolah dan BK). Instrumen yang digunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Prosedur pengumpulan data: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian: 1) Gambaran etika berkomunikasi peserta didik di SMPN 2 Anggeraja Kec. Malua Kab. Enrekang sebagian kecil kurang baik karena masih ada beberapa peserta didik yang belum mampu berkomunikasi yang baik dan beretika. 2) Upaya pendidik Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan etika berkomunikasi seperti, memberikan nasihat, memotivasi, menjadi teladan bagi peserta didik serta melakukan bimbingan dan arahan kepada peserta didik. 3) Faktor pendukung pembinaan etika berkomunikai di SMPN 2 Anggeraja yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah, adapun faktor penghambat yaitu lingkungan masyarakat dan handpone.