METODE REWARD DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMKS MUHAMMADIYAH PAREPARE PASCA PEMBELAJARAN DARING

  • Salmiati Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Andi Abd. Muis Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Siti Fatimah Ridwan Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Metode Reward, Motivasi Belajar

Abstract

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa metode reward dianggap sebagai salah satu metode yang mampu memotivasi peserta didik dalam belajar. Tujuan penelitian adalah 1) Mengetahui motivasi belajar peserta didik pasca pembelajaran daring, 2) Mengetahui penggunaan metode reward pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X TKJ dan TAV SMKS Muhammadiyah Parepare, 3) Mengetahui efektivitas penggunaan metode reward pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X TKJ dan TAV SMKS Muhammadiyah Parepare, 4) Mengetahui kendala dan solusi penggunaan metode reward pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X TKJ dan TAV SMKS Muhammadiyah Parepare.
Jenis penelitian adalah kualitatif yang berlokasi di SMKS Muhammadiyah Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis dengan sumber datanya adalah data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian 1) pedoman observasi, 2) pedoman dokumentasi, 3) pedoman wawancara. Prosedur pengumpulan data adalah triangulasi data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian adalah 1) Jenis reward yang diterapkan adalah pujian, tepuk tangan, dan acungan jempol serta apresiasi dengan mengumumkan nama peserta didik yang berprestasi. 2) Metode reward efektif terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan mengumpulkan tugas tepat waktu dan fokus dalam pembelajaran.

Published
2023-07-16