HUBUNGAN KINERJA PENGAWAS DAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KUALITAS GURU
Abstract
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian survey. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teologis normatif, psikologis dan sosiologis. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, wawancara mendalam, dokumentasi penelitian ini bercorak kualitatif, sebab yang dihasilkan adalah data deskriptif, meliputi data yang menyangkut Kinerja Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kualitas Guru, kemudian menarik kesimpulan. Terdapat hubungan yang positif antara kinerja pengawas terhadap kualitas kerja guru madrasah pada MAN 1 Binamu Kab. Jeneponto. Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh koefisien korelasi parsial variabel kinerja pengawas sebesar 0,634 dan bertanda positif; Sig (2-tailed) sebesar 0,000 adalah lebih kecil dari 0,05 dengan sumbangan efektif sebesar 61,90%. Terdapat pengaruh yang positif antara kinerja pengawas dan kepemimpinan kepala madrasah secara bersama-sama terhadap kualitas kerja guru madrasah pada MAN 1 Binamu Kab. Jeneponto. Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh koefisien korelasi parsial variabel kepemimpinan kepala madrasah sebesar 0,885 dan bertanda positif; Sig (2-tailed) sebesar 0,000 adalah lebih kecil dari 0,05 dengan sumbangan efektif sebesar 87,50%.