PERAN PENDIDIK DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MUHAYMIN KOTA PALOPO
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tentunya memberikan banyak dampak negatif dalam nilai-nilai akhlak peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Muhaymin kota Palopo, (2) Upaya pembinaan akhlak santri di pondok Pesantren Al-Muhaymin kota Palopo, (3) Faktor yang mendukung dan menghambat upaya pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Muhaymin kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yang berlokasi di Pondok Pesantren Al-Muhaymin kota Palopo. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif, bersumber dari data primer dan data sekunder, instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan format dokumentasi. Prosedur pengumpulan yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah tahap reduksi, tahap penyajian data, dan tahap kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Akhlak santri di pondok pesantren Al-Muhymin kota Palopo cukup baik meskipun masih ada beberapa santri yang kerap melanggar peraturan pondok, (2) Upaya pembinaan akhlak santri di pondok pesantren Al-Muhaymin kota Palopo berupa metode pembiasaan, metode keteladanan, metode pemberian nasehat dan motivasi, metode pemberian sanksi dan penghargaan (3) Faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung yaitu adanya dukungan penuh dari penyelenggara pendidikan BP2U Al-Muhaymin dan penghambatnya adalah kurangnya tenaga pembina serta tidak memadainya sarana dan prasarana yang mendukung pembinaan akhlak santri di pondok pesantren Al-Muhaymin kota Palopo.