USAHA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN PADA UPT SMK NEGERI 3 PAREPARE PROVINSI SULAWESI SELATAN
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (school action research) yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru UPT SMK Negeri 3 Parepare melalui Bimbingan Berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah guru-guru dan tenaga kependidikan di UPT SMK Negeri 3 Parepare sebanyak 20 orang, yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I yang dilaksanakan 3 kali pertemuan dan siklus II yang juga dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dan ditambah dengan merangkum semua hasil penelitian yang ada. Hasilnya peningkatan kinerja guru UPT SMK Negeri 3 Parepare melalui model Bimbingan Berkelanjutan ini adalah (i) pada siklus I jumlah nilai rata-rata adalah 63,67%. Sedangkan pada siklus II mengalami kemajuan dengan kategori sangat signifikan dengan ketuntasan nilai 100,00 dan nilai rata-rata adalah 81,42% dan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Dengan demikian, terdapat peningkatan kinerja guru-guru dan tenaga kependidikan UPT SMK Negeri 3 Parepare melalui Bimbingan Berkelanjutan baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Hal tersebut dapat dilihat pada tabel dan penjelasan pada lampiran-lampiran, pada siklus I dan siklus II.
Sehubungan dengan hasil diatas, maka metode ini dinilai cukup efektif diterapkan dalam pembinaan kinerja guru-guru dan tenaga kependidikan, khususnya dalam pembinaan dan peningkatan karir guru karena dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif bagi peserta didik.